Tuesday, October 24, 2006

Hari Raya 1 Syawal 1427H

Lebaran, hari penuh kemenangan setelah sebulan melalui bulan suci Ramadhan yang penuh kesabaran dan kemuliaan. InsyaAllah semua puasaku, orangtuaku, saudara-saudaraku, dan teman-temanku di terima oleh Allah SWT. Langit seolah-olah ikut bahagia dengan tangisan haru tetesan hujan sejak kemarin siang, ketika saya mengetik postingan ini, derikan atap seng terasa menyapa gendang telinga menandakan hentakan air hujan saling sahut dengan deras. Alhamdulillah... Alhamdulillah... Alhamdulillah... puji syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Menikmati Hari Raya di Mengoepeh rasanya memang aneh, jauh dari keluarga, jauh dari sanak saudara dan handai taulan. Bahagia bercampur sedih mungkin kerap dialami oleh saudara-saudara yang merayakan Hari Raya jauh dari kampung halaman, orang tua dan keluarganya. Pulsa aku habiskan untuk menghubungi orang tua, meski harus berdiri di titik tertentu agar mendapatkan sinyal di bawah teriknya matahari. Namun semua tiada sebanding dengan maaf yang diberikan orang tuaku.

Sholat Ied di masjid desa penduduk setempat masih terasa kurang syahdu. Kesedihan mulai terobati setelah mendengar suara dambaan hati di pesawat telepon walau hanya sebentar dan mess juga menyediakan lontong, rendang dan dendeng yang lezat, cukup untuk menghalau sedih.

Masih terngiang di ingatanku tentang isi Khotbah Sholat Ied tadi, Malaikat Jibril Berdo'a dan Nabi Muhammad SAW Mengamini. Kisah ini terjadi pada saat Rasul dan para sahabat membaca Takbir, Tahmid dan Tahlil di Masjidil Haram. Saat Rasulullah sedang bertakbir, tiba-tiba beliau keluar dari kelompok dan menepi ke arah dinding. Kemudian Rasulullah mengangkat kedua tangannya layaknya orang yang sedang berdoa. Dan saat itu, Rasulullah mengatakan Amin sampai tiga kali. Setelah Rasulullah mengusapkan kedua tanggan di wajahnya, para sahabat mendekati beliau dan bertanya, "Ya Rasul, apa yang sedang terjadi sehingga engkau mengangkat kedua belah tanganmu sambil mengatakan Amin sampai tiga kali?"


Rasulullah menjawab, "Tadi saya didatangi Jibril dan meminta saya mengaminkan doanya" Kemudian para sahabat bertanya, "Apa gerangan doa yang dibacakan Jibril itu ya Rasul?" Selanjutnya, Rasullah kembali menjawab, "Kalau kalian ingin tahu, inilah doa yang disampaikan Jibril dan saya mengaminkannya:
  1. Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah engkau terima amal ibadah kaum Muslimin selama bulan Ramadhan apabila dia masih bersalah kepada ke-dua orang tuanya dan belum dimaafkan.
  2. Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah engkau terima amal ibadah kaum Muslimin selama bulan Ramadhan apabila suami istri masih berselisih dan belum saling memaafkan.
  3. Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah engkau terima amal ibadah kaum Muslimin selama bulan Ramadhan apabila dia dengan tetangganya serta kerabatnya masih berselisih dan belum saling memaafkan.

Itulah doa yang diucapkan oleh malaikat Jibril sehingga Rasulullah mengaminkan sampai tiga kali. Namun, terdapat (4) empat faktor yang menyebabkan doa tersebut dikabulkan Allah, yaitu:

  1. Yang berdo'a adalah Jibril. Jibril adalah makhluk yang sejak diciptakan oleh Allah tidak pernah membantah dan berbuat dosa kepada Allah.
  2. Yang mengamini do'a tersebut adalah Muhammad, yang merupakan manusia Maksum yang telah diampuni semua dosanya.
  3. Do'a tersebut diucapkan di tempat yang mendapat berkah dari Allah, yaitu Masjidil Haram.
  4. Waktu berdo'a adalah malam Aidil Fitri yaitu hari di mana satu di antara sepersepuluh malam jika kita berdoa langsung diijabah oleh Allah

Hikmah yang dapat kita petik dari kisah di atas adalah jika kita ingin amal ibadah kita di bulan Ramadhan diterima Allah, maka hindarilah tiga hal tersebut. Karena apabila tiga hal persoalan di atas belum diselesaikan selama bulan Ramadhan, maka amal ibadah kita selama bulan Ramadhan masih ditangguhkan oleh Allah sampai kita menyelesaikannya.

Allahuakbar... Allahuakbar... Allahuakbar.. Walillaailhamd.

2 comments:

Amy said...

Sapa sih dambaan hati kai???? kenalin doooonnnngggg... ato aku kenal ndakkkk? :)

Anonymous said...

Hello!
You may probably be very interested to know how one can make real money on investments.
There is no need to invest much at first.
You may commense to get income with a money that usually is spent
on daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one project for several years,
and I'm ready to share my secrets at my blog.

Please visit blog and send me private message to get the info.

P.S. I make 1000-2000 per day now.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]